Halaman

Sabtu, 15 Januari 2011

Macam-Macam Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Di era modern ini, kita bisa merasakan pesatnya perkembangan teknologi yang cukup menakjubkan, khususnya dirasakan dalam bidang teknologi, seperti teknologi informasi dan komunikasi. Macam-macam teknologi informasi dan komunikasi pun berkembang lebih canggih dan memudahkan manusia dalam menjalani kehidupannya.
Perangkat teknologi informasi merupakan segala jenis peralatan yang digunakan untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan, baik melalui media cetak atau pun elektronik. Berikut ini adalah beberapa alat yang tergolong dalam teknologi informasi.
1.Televisi
Televisi merupakan perangkat teknologi informasi yang berupa sistem penyiaran yang disertai dengan gambar (visual) dan suara (audio). Oleh karena itu, perangkat ini digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak atau video secara langsung.
2.Komputer
Komputer merupakan alat elektronik otomatis yang Biasanya, alat ini digunakan untuk membantu dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, dan animasi.
3.Laptop
Laptop atau notebook hadir dengan beragam bentuk dan ukuran. Perangkat ini memiliki fungsi yang sama dengan komputer. Hanya saja, pembuatannya sengaja dibuat lebih praktis sehingga dapat dilipat dan mudah untuk dibawa ke mana pun.
4.Radio
Radio merupakan perangkat teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal. Perangkat elektronik ini memiliki fungsi untuk menyampaikan Informasi berupa suara dari station pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.
5.Kamera Digital
Kamera digital merupakan perangkat teknologi terkini yang biasa digunakan untuk mengabadikan gambar atau video dengan menggunakan metode penyimpanan secara digital atau disk.
6.Kamus Elektronik
Kamus elektronik adalah produk teknologi canggih yang dibuat untuk menerjemahkan bahasa-bahasa tertentu.
7.Al-Quran Digital
Al-Quran digital adalah perangkat yang dapat menyimpan dan menampilkan ayat-ayat suci Al-Quran, baik dalam huruf Arab atau pun terjemahan. Canggihnya, alat ini dapat mengeluarkan tulisan dan suara.
8.Mesin Kasir
Mesin kasir atau cash register merupakan perangkat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir. Alat ini banyak digunakan di berbagai tempat, seperti toko-toko, swalayan, rumah sakit, bank, dan sebagainya.
9.MP3 Player
Ini dia perangkat yang menjadi favorit kalangan muda untuk mendengarkan musik. MP3 player ini dapat menyimpan data selain musik atau mendengarkan radio.
10.MP4 player ini merupakan perkembangan dari MP3 player. Alat ini dipakai sebagai media penyimpanan data sekaligus sebagai alat pemutar video dan musik serta game. Itulah kelebihan MP4 player dibandingkan dengan MP3 player pendahulunya.
Selain yang telah disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi perangkat teknologi informasi lainnya yang berguna untuk kehidupan manusia. Semua pelatan itu bisa memberikan nilai positif jika kita dapat memanfaatkannya dengan untuk sesuatu yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar